Visi yang dimiliki SD Negeri 2 Cangkreplor diturunkan dari tujuan nasional pendidikan di Indonesia yang tercantum pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Adapun visi SD Negeri 2 Cangkreplor adalah sebagai berikut :
“Terwujudnya Peserta didik yang bertaqwa, berkarakter, berprestasi, berkebhinekaan global, dan peduli lingkungan.”
Â
Misi SD Negeri 2 Cangkreplor ditetapkan sebagai representasi dari elemen visi SD Negeri 2 Cangkreplor dan elemen Profil Pelajar Pancasila. Elemen visi SD Negeri 2 Cangkreplor tersebut yaitu bertaqwa, berkarakter, berprestasi, berkebhinekaan global, dan peduli lingkungan. Lima misi SD Negeri 2 Cangkreplor adalah sebagai berikut:
1. Â Membangun kebiasaan tertib beribadah, kajian keagamaan rutin dan 5 S (Senyum, Sapa, Salam, Santun dan Sopan) pada peserta didik.
Representasi dari:
o  Visi “Bertaqwa dan Berkarakter”.
o  Elemen Profil Pelajar Pancasila “Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia”.
Â
2. Â Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, menganalisis dan mengevaluasi penalaran, merefleksi dan mengevaluasi pemikirannya, menghasilkan gagasan yang orisinal.
Representasi dari:Â
o  Visi “Berprestasi”
o  Elemen Profil Pelajar Pancasila “Bernalar kritis dan Kreatif”.
Â
3. Â Mengenal dan menghargai budaya, komunikasi dan interaksi antar budaya, refleksi dan tanggungjawab terhadap pengalaman kebinekaan, berkeadilan sosial
Representasi dari:
o  Visi “Berkebinekaan global”
o  Elemen Profil Pelajar Pancasila “Berkebinekaan global”.
Â
4. Â Mengembangkan dan menerapkan pembelajaran berbasis HOTS dan membangun 6 kemampuan literasi dasar (literasi baca dan tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi budaya kewarganegaraan dan literasi finansial) dengan berlandaskan prinsip kejujuran dan kemandirian dengan memperhatikan bakat dan minat peserta didik.
Representasi dari:
o  Visi “Berprestasi”
o  Elemen Profil Pelajar Pancasila “Mandiri”, “Kreatif” dan “Bernalar kritis”
Â
5. Â Memfasilitasi terlampauinya capaian kompetensi minimal tingkat SD oleh peserta peserta didik melalui matrikulasi, pemantauan perkembangan belajar, identifikasi permasalahan belajar, perbaikan, pendampingan, pengembangan dan kerjasama dengan orang tua.
Representasi dari:
o  Visi “Berprestasi”
o  Elemen Profil Pelajar Pancasila “Mandiri”
Â
6.     Membangun kesadaran untuk membiasakan diri menerapkan gaya hidup peduli lingkungan sehingga dapat berkontribusi untuk menjaga kelestarian lingkungan.
Representasi dari:
o  Visi “Peduli lingkungan”
o  Elemen Profil Pelajar Pancasila “Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia”.”